SELAMAT DATANG DI BLOG BUMIAYU-zone.. DAPATKAN INFO LENGKAP BUMIAYU, DAERAH, SAINS, PENDIDIKAN, WISATA DAN LAINNYA CUMA ADA DI SINI..

Kamis, 27 Desember 2012

2 Curug Awu, Potensi Yang terabaikan

SIRAMPOG - Menggali potensi wisata, khususnya di wilayah selatan Kabupaten Brebes seolah tidak pernah ada habisnya. Sejumlah potensi wisata alam sangat prospektif, bahkan bisa menghasilkan pendapatan asli daerah (PAD) sekaligus meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat.
Salah satunya adalah air terjun (curug) Awu yang terletak di wilayah Dukuh Gronggongan Desa Wanareja, Kecamatan Sirampog. Berada di kawasan hutan lindung petak 20 dan 21, curug Awu memiliki ketinggian sekitar 100 meter.
Ketua LSM Wahana Bumi Lestari Muflikin ST menyampaikan, lokasi curug yang berada sekitar 3 kilometer ke arah utara Dukuh Gronggongan ini kondisinya benar-benar masih sangat alami. "Selain air terjun, ekosistem yang ada di kawasan hutan masih sangat bagus, seperti halnya kawanan kera maupun lainya," kata Muflikhin.
Hanya saja lanjut dia, saat ini kawasan hutan mulai mengalami perubahan dengan berkurangya jumlah pohon tanaman keras. Terutama di sepanjang aliran sungai, sebagai aliran air dari curug.
"Padahal keberadaan pohon-pohon keras di sepanjang alur sungai sangat dibutuhkan untuk menjaga Daerah Aliran Sungai (DAS). Untuk itu kami berharap, agar Pemkab melalui instansi terkait melakukan upaya-upaya penanganan," jelasnya.
Selain tanaman keras lanjut dia, petani bisa memanfaatkan sela tegakan dengan menanam rumput gajah. "Selain bisa mencegah erosi, juga memapu berfungsi sebagai penyerap cadangan air. Selain itu dari sisi ekonomis, petani dapat memanfaatkan rumput gajah sebagai pakan ternak," kata Muflikhin.
Selain memiliki potensi wisata yang sangat menjanjikan, tidak jauh curug Awu terdapat dua sumber mata air yakni Tuk Wangkang dan Setra Menggala. "Sumber mata air tersebut belum dimanfaatkan, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai sumber air baku PDAM," ungkapnya.
Dia berharap potensi alam yang ada ini mendapat perhatian, sehingga keberadaannya bisa membawa manfaat bagi masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi.

sumber: RadarTegal.com

2 komentar:

 

BUMIAYU-zone Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates