SELAMAT DATANG DI BLOG BUMIAYU-zone.. DAPATKAN INFO LENGKAP BUMIAYU, DAERAH, SAINS, PENDIDIKAN, WISATA DAN LAINNYA CUMA ADA DI SINI..

Minggu, 30 Desember 2012

0 KALEIDOSKOP SAINS 2012: Dunia Belum Kiamat!


BUMIAYU-news, Liputan6.com Jakarta : Tahun 2012 berakhir dengan kehebohan. Gara-gara beredar ramalan "kiamat" Suku Maya 21 Desember 2012, yang ternyata cuma isapan jempol. Tak terbukti! Untuk kesekian kalinya, ilmu pengetahuan dan akal sehat mengalahkan rumor.

Alih-alih dunia berakhir, tahun 2012 justru menghasilkan sejumlah prestasi dan temuan penting umat manusia, yang layak jadi tonggak sejarah. Berikut 6 hal penting di bidang sains yang terjadi sepanjang tahun 2012:

1. Pesawat Space X Berlabuh ke ISS


Sejarah baru tercipta pada Jumat 25 Mei 2012. Untuk kali pertama kali pesawat antariksa swasta "berlabuh" di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Para astronot yang tinggal di sana bahkan bisa masuk ke kapsul Dragon milik SpaceX -perusahaan yang didirikan Elon Musk- yang juga pencipta PayPal, alat pembayaran online.


Dragon, yang diluncurkan Selasa 22 Mei 2012, membawa kargo seberat 544 kilogram yang terdiri dari makanan dan dan sejumlah perlengkapan lain yang tak seberapa penting. Maklum, sebelumnya tak bisa dipastikan kapsul itu benar-benar bisa sampai ke ISS. Dragon juga membawa 300 tabung mirip kemasan lipstik berisi abu jenazah, termasuk milik mendiang astronot Gordon Cooper, dan aktor James Doohan, yang bermain dalam serial Star Trek.

Space X bukan satu-satunya. Sejumlah perusahaan antariksa swasta, "mainan baru" para triliuner, kini bermunculan. Mereka akan menggantikan misi pengiriman kargo ke ISS yang dihentikan NASA juga mengincar orang-orang berduit yang rela merogoh kocek dalam-dalam demi berwisata ke jagad luar.
Mungkin yang paling ambisius adalah Planetary Resources Inc. Pada 24 April 2012, perusahaan itu mengumumkan misinya: menambang asteroid. Ada dua hal yang diincar: air dan logam mulia platinum. Okelah, platinum, tapi apa pentingnya air?

Rencana Planetary Resources boleh dibilang imajinasi terliar soal penjelajahan angkasa. Mereka berniat membuka "pompa bensin" di luar Bumi. Air akan dipecah menjadi unsur pembentuknya, oksigen dan hidrogen –bahan bakar roket. Untuk pesawat antariksa rute Bumi-Mars misalnya. Sejumlah nama terkenal ada di balik perusahaan ini, ada duo Google Larry Page dan Eric Schmidt. Sementara sutradara tenar, James Cameron ada di posisi penasihat, sekaligus investor.

2. "Partikel Tuhan" Ditemukan



Rabu 4 Juli 2012 menjadi hari bersejarah bagi para ilmuwan fisika. Center for Nuclear Research (CERN) mengumumkan sebuah temuan penting, partikel baru yang 99,999% konsisten dengan apa yang selama ini dicari Higgs boson, atau populer dengan nama "Partikel Tuhan".


Higgs boson dihasilkan Large Hadron Collider (LHC), pemercepat partikel sepanjang 27 kilometer, terkubur di bawah tanah di perbatasan Prancis dan Swiss. Dibangun dengan dana US$ 10,5 miliar, alat itu dipakai untuk menciptakan kembali kondisi setelah Big Bang, ledakan mahabesar, yang diduga sebagai awal penciptaan alam semesta.

Higgs boson dianggap bertanggung jawab memberikan massa pada setiap materi. Ia adalah kunci membuka misteri alam semesta: bagaimana materi menyatu untuk membentuk galaksi, bintang, planet. Juga manusia.

Setelah ini, kerja para ilmuwan tak lantas berhenti. Selain mengonfirmasi Higgs boson hingga 100%, misteri selanjutnya menanti untuk dikuak: gravitasi. Bagaimana daya tarik itu bekerja pada partikel, planet, bintang, dan sistem tata surya. Pada jagad raya.

3. Curiosity Mendarat di Mars


Planet terdekat dengan Bumi, Mars sudah lama mengundang rasa penasaran. Apakah ada kehidupan di sana? Atau, bisakah ia menopang kehidupan meski hanya mikroba sekalipun?


Tak puas hanya mengintip dengan satelit, NASA akhirnya berhasil mengirimkan kendaraan robotik atau rover seukuran mobil ke planet merah pada Minggu 5 Agustus 2012. Nama rover itu Mars Science Laboratory (MSL) atau populer disebut Curiosity.

Tak lama setelah pendaratan, Curiosity mengirimkan foto pertamanya yang menggambarkan permukaan Mars. Rover itu ditargetkan bertugas selama dua tahun, dengan nilai fantastis US$2,5 miliar, untuk mengambil foto, menganalisa tanah dan bebatuan, juga untuk mengetahui peluang dilakukannya misi mendaratkan manusia ke Mars di masa depan.

Keberhasilan pendaratan Curiosity ke Mars juga ikut melambungkan nama teknisi NASA yang memukau dunia dengan wajah ganteng dan rambut nyentriknya: Bobak Ferdowsi.

Dijuluki "mohawk guy", ia menjadi sensasi di internet setelah banyak orang terpikat dengan potongan rambut mohawk yang dicat biru dan merah, bentuk bintang yang dicat kuning di atas telinga, dan senyum lebarnya yang berseri-seri. Pengemarnya ramai menulis di media sosial, "Di saat Curiosity mendarat di Mars, mohawk guy mendarat di hatiku."

4. Neil Armstrong Wafat


Kabar duka itu datang pada 25 Agustus 2012. Neil Armstrong wafat akibat komplikasi penyumbatan arteri koroner di Cincinnati, Ohio, Amerika Serikat. Dalam usia 82 tahun.


Armstrong adalah "pahlawan besar", menorehkan sejarah dalam penjelajahan umat manusia untuk menguak misteri alam semesta. Selain menjadi komandan misi pendaratan Bulan Apollo 11, ia sekaligus menjadi manusia pertama yang menginjakkan kaki di Bulan pada 20 Juli 1969. Pada misi itu, Armstrong dan rekannya, Buzz Aldrin turun ke permukaan satelit bumi itu dan menghabiskan waktu 2,5 jam untuk menjelajah. Sementara orang ketiga, Michael Collins tetap di orbit di dalam Modul Komando.

Meski nama besarnya terkait langit, saat meninggal, Armstrong menegaskan jati dirinya sebagai anggota korps Angkatan Laut sejati. Alih-alih ke luar angkasa, ia meminta jasadnya dilarung ke laut lepas.

Kini, Armstrong telah tiada. Namun, tapak sepatunya akan bertahan dalam waktu sangat lama di Bulan. Bahkan menurut NASA, hingga jutaan tahun. Karena di Bulan tak ada angin yang bertiup. Juga kalimatnya yang abadi, "Satu langkah kecil bagi seorang manusia, sebuah lompatan besar bagi umat manusia."

5. Rekor Si Jantan Felix Baumgartner

Minggu 14 Oktober 2012 adalah hari milik Felix Baumgartner. Tiga rekor ia pecahkan sekaligus: terjun bebas tertinggi di dunia (39.045 meter), terjun bebas tertinggi tanpa parasut (36.529 meter), dan kecepatan tertinggi selama terjun bebas (1.342 km/jam). Menjadi manusia pertama yang melebihi kecepatan suara tanpa bantuan mesin.

Untuk mencapainya,bukan perkara gampang. Perlu perencanaan cermat dan kerja tim yang solid. Silap sedikit, nyawa jadi taruhan. Hal pertama yang harus dilakukan Baumgartner adalah terbang ke ketinggian 39.068 meter dari permukaan Bumi.

Lalu, dari tepian langit itu, lelaki pemberani asal Austria itu melompat. Selama 4 menit 20 detik ia terjun bebas tanpa parasut, dengan kecepatan 1.342,8 km/ jam. Lompatan yang liar dan bahaya, dengan posisi terguling tak terkendali di lapisan tipis stratosfer.

Jutaan orang di Bumi yang memantau aksinya baru menarik nafas lega, saat tubuh Baumgartner melayang stabil, disusul parasut yang membuka dengan sukses. Sorak sorai pun mengiringi pendaratannya yang mulus di gurun New Mexico, Amerika Serikat. Tangannya terangkat sebagai tanda kemenangan. Sang penerjun selamat.

Meski berhasil, tak ada alasan bagi Baumgartner untuk congkak. Seperti kalimat yang ia katakan sesaat sebelum melompat, "Aku berharap Anda melihat apa yang kulihat... terkadang kita harus benar-benar berada di tempat yang sangat tinggi untuk menyadari betapa kecilnya kita."

6. Kiamat Maya Gagal Total


Diyakini dunia akan kiamat pada 21 Desember 2012, pukul 11.11 GMT atau 18.11 Waktu Indonesia Barat. Namun, hingga batas waktu berakhir, tak ada apapun yang terjadi.


Tak ada planet Nibiru atau asteroid yang menabrak Bumi. Tak ada pergeseran kutub bumi. Tak ada hujan api maupun gempa dahsyat yang menimbulkan kerusakan global. Apa yang dikatakan Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) ternyata benar adanya: tak ada bukti ilmiah jagad raya akan menemui akhirnya pada hari itu.

NASA menjelaskan, rumor kiamat Maya diawali sebuah klaim tentang keberadaan Nibiru atau "Planet X" yang konon ditemukan bangsa Sumeria. "Awalnya kiamat diprediksi terjadi pada Mei 2003, namun karena tak ada apapun yang terjadi, akhir dunia digeser menjadi Desember 2012," demikian ungkap NASA.

Kebetulan pada 21 Desember 2012 bertepatan dengan akhir b'aktun 13 kalender hitung panjang (long count) Maya. Itu hanya satu dari sekian banyak ramalan akhir dunia yang gagal total, terbantahkan oleh fakta. Sekali lagi, ilmu pengetahuan menang!

Dunia pun belum kiamat. Jadi, apa resolusi Anda untuk tahun 2013? (Ein)

0 komentar:

Posting Komentar

 

BUMIAYU-zone Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates